Senin, 29 Juli 2013

Sekilas Tentang Tanaman Kopi

Sekilas Tentang Tanaman Kopi


Tahukah Anda,  bahwa biji kopi itu berasal dari tanaman kopi? Tanaman kopi biasanya berbentuk semak atau tumbuhan kecil yang tumbuh sekitar 10-12 kaki (sekitar 1 – 1.5 m) di daerah tropis gugusan Cancer dan Capricorn. Dua jenis yang paling sering ditemui adalah Arabika dan Robusta.
BAGAIMANA CARANYA MENANAM KOPI?
Ingin menanam tanaman kopimu sendiri di rumah? Hal pertama yang kamu butuhkan adalah kesabaran. Butuh waktu 3-4 tahun sebelum tanaman kopi berkembang dan mulai memproduksi buah dan biji kopi. Jika kamu sudah memiliki kesabaran untuk itu, inilah beberapa hal lainnya yang kamu butuhkan:
1. Pot yang diisi dengan tanah yang subur
2. Suhu rata-rata antara 65 – 75 derajat Fahrenheit
3.Penyiraman yang cukup untuk membuat tanah subur tapi tidak basah,
4.Jarak atau tinggi ruangan yang cukup, paling tidak 1 meter
Buah kopi tidak akan matang dalam waktu yang bersamaan, tetapi, petiklah buahnya jika sudah tTanaman Kopierlihat kemerahan dan matang.


ARABIKA VS ROBUSTA
Dua jenis utama tumbuhan kopi yang sering diproduksi adalah Arabika dan Robusta.
Robusta dari kata “robust” yang berarti lebih kuat daripada jenis Arabika, dapat tumbuh di dataran rendah. Karakter tanaman kopi Robusta lebih kuat dan memiliki kadar asam yang lebih rendah. Biasanya tumbuhan ini ditanam di Vietnam, Brazil, dan Indonesia.
Arabika tumbuh di dataran yang lebih tinggi, biasanya pada ketinggian dataran mencapai lebih dari 800 m sampai 2500 m. Arabika memiliki aroma yang lebih khas dan kadar keasamannya lebih pas. Brazil, Kolombia, Etiopia, Amerika Tengah, Meksiko, India, dan Afrika Timur adalah beberapa negara yang dikenal dengan produksi tanaman kopi Arabika yang tinggi. Arabika adalah kopi yang paling banyak diproduksi di seluruh dunia.
Sumber : http://wiki.wikitani.com/docs/sekilas-tentang-tanaman-kopi/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar